CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 05 Maret 2011

Di Balik Kenikmatan Minuman Bersoda

suatu hari gw menemukan majalah Nakita di mobil, karena pada dasarnya gw suka baca jadi apapun ya dibaca aja gitu, walaupun Nakita majalah ibu dan balita yaudah dibaca aja toh di dalemnya ada foto2 bayi nan kiyudh, oke lanjut di rubrik kesehatannya terdapat sebuah artikel berjudul sepeerti judul postingan ini, dan gw pun teringat pada teman gw yang hobinya minum minuman bersoda setiap hari (oke mungkin sekarang ga tiap hari cuma pas weekend tapi 3L sehari, are you nuts?). sebenernya apa aja yang ada dalam minuman bersoda? apa aja resikonya? let me share

Kandungan Minuman Bersoda
1. 10 sendok gula: jika kita meminum satu kaleng minuman bersoda (sekitar 300-an mL) setara dengan memakan 10 sendok gula. hal ini mampu menghancurkan vitamin B, nah kalo kekurangan vitamin B itu sistem pencernaan akan terganggu, urat saraf tegang, pusing, cemas sulit tidur, bahkan kejang otot. dan pastinya karena tinggi banget kadar gulanya jadi ningkatin resiko obesitas.
2. Gas CO2: minuman bersoda nama lainnya minuman berkarbonasi ya kan ya dong, nah proses karbonasi itu sebenernya adalah proses penyuntikan gas2 CO2 yang nantinya jadi gelembung2. terdiri atas 90% air dan sisanya kombinasi dari pemanis buatan, pencita rasa, pewarna, asam fosfat, kafein dan sejumlah mineral lain. gas CO2 sendiri bikin lambung jadi susah menghasilkan enzim2 pencernaan, dampaknya lagi pengambilan sari-sari makanan jadi terganggu, logikanya kalo enzim ga dihasilkan gimana bahan makanan mau dipecah kalo ga dipecah gimana mau diambil tubuh ya kan. contoh kasus nih di India pernah ada lomba banyak2an minum soda, yang menang bisa ngabisin 8 kaleng tapi ga lama kemudian meninggal tuh, soalnya terlalu banyak CO2 dalam tubuh membuat darah gabisa ngiket O2 secara normal.
3. Kafein: kafein itu bisa bikin adiktif, menaikkan frekuensi detak jantung, naikin tekanan darah, gula dalam darah, bertambahnya keasaman lambung, bertambahnya hormon dalam darah yang bisa menyebabkan radang dan terlukanya lambung serta usus 12 jari.
4. Asam fosfor dan asam fosforik: zat ini dapat menyebabkan tulang jadi rapuh khususnya pada usia pertumbuhan, keretakan pada tulang, merusak lapisan pelindung gigi. kalo ga percaya coba aja nih karat atau kerak dikasih minuman bersoda digosok2, ga lama kemudian bakal ilang, itulah betapa "sakti" nya minuman bersoda

Resiko Gangguan Kesehatan yang Mungkin Timbul
1. Gangguan ginjal: terlalu sering minum minuman bersoda bisa menyebabkan penyakit ginjal contohnya batu ginjal, hal ini udah dibuktikan di Amerika Serikat terhadap 3256 responden yang rutin minum minuman bersoda 2x sehari, hasilnya 30% responden mengalami kerusakan ginjal dan penurunan fungsi ginjal. hal ini ga lepas kaitannya dari kandungan pewarna buatan, pemanis buatan, kafein dan asam fosfat yang ada dalam minuman bersoda.
2. Diabetes: minuman bersoda punya kadar gula sangat tinggi jadi sangat memungkinkan menjadi pemicu diabetes, selain itu diabeestes biasanya dateng ga sendirian karena bisa memicu penyakit lain seperti stroke, jantung, ginjal, dll.
3. Obesitas: minum satu kaleng soda setiap hari dalam sebulan akan meningkatkan berat badan 0,5 kg, banyak banget obesitas yang disebabkan minuman bersoda, selain itu kalo udah obesitas nih bisa jadi sarana bagi penyakit lain buat ikutan bersarang seperti diabetes, stroke, jantung koroner,dsb.
4. Kanker Pankreas: penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan sebanyak 60.524 responden yang mengonsumsi soda minimal 2x sehari diteliti selama 14 tahun hasilnya  87% mengalami resiko kanker pankreas.
5. Osteoporosis: minuman bersoda kalsiumnya rendah sehingga bisa menyebabkan tulang keropos, selain itu jika kita memasukkan tulang ayam ke dalam minuman bersoda lama kelamaan tulang tersebut akan menjadi lunak.
6. Memicu Penyakit Maag
7. Mengacaukan Sistem Pencernaan: asam dalam soda tidak bereaksi dengan baik dalam sistem pencernaan sehingga bisa menyebabkan sembelit atau diare.

nah ternyata minuman bersoda yang nikmat banget diminum apalagi kalo lagi panas terik minum soda dingin2 itu pasti nikmat bangetkan, sayangnya ternyata terlalu banyak negatifnya dalam soda, soda bahkan ga memiliki nilai gizi apapun, karena kesehatan itu berharga dan mahal maka lebih baik kita jaga, boleh minum soda tapi jangan berlebihan dan jangan terlalu sering, toh Allah juga ga suka segala sesuatu yang berlibahn bukan? masih banyak minuman lain yang menyegarkan tapi ga berbahaya dan malah bagus bagi kesehatan, jus misalnya, jadi mari hidup sehat!

1 komentar:

Rie mengatakan...

FYI, di pelabuhan kalo betulin kapal buat buka baut yg karatan susah itu caranya disiram pake minuman soda terus langsung bisa, sama katanya bisa buat nyuci baju putih. Yak, selamat..

Baca Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...