CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 26 Maret 2010

Negeri van Oranje


jadi jadi jadi saya baru saja membaca sebuah buku berjudul seperti judul post di atas, mungkin agak telat karena bukunya juga ga baru2 ini keluar, saya membeli buku itu pada saat Islamic Book Fair kemaren yang mana saya kalap (karena belanja sendirian) untuk membeli selusin buku (yep ada 12 buah) dan pas ditumpuk saya heran sendiri ini gimana bacanya semuanya.
dan salah satu novel beruntung yang berhasil saya baca di liburan UAN yang ternyata sangat sibuk bagi saya ini adalah si "Negeri van Oranje"

okay sedikit spoiler, cerita novel ini tentang persahabatan 5 mahasiswa Indonesia di negeri kumpeni alias Belanda mereka buat geng gitu namanya Aagaban, disini diceritain cara-cara mereka bisa sampe kuliah di Belanda dan itu masing-masing unik. mereka ga tinggal di satu flat atau kuliah di satu Universitas, mereka tersebar di berbagai penjuru Belanda, di berbagai Universitas dan jurusan, tapi karena suatu kebetulan dan gara2 kretek yang langka di Belanda mereka akhirnya bisa bertemu dan menjalin persahabatan. novelnya penuh dengan kisah lucu, kisah perjuangan mahasiswa di sana, saat mereka kekurangan uang di negeri yang serba mahal, saat mereka berjalan2 menikmati indahnya Eropa, ada kisah cinta, kisah sedih, ada juga tips buat yang mau kuliah di sana. banyak kejutan-kejutannya juga, jadi kalo baca buku ini rasanya nagih buat tau kelanjutannya.

dan saat membaca buku ini saya sangat ingin sekali pergi ke Eropa, pengan banget nyari beasiswa biar bisa sekolah ke Eropa, pengen bisa kaya Lintang (satu2nya wanita d geng Aagaban), asik banget ya punya bodyguard sekaligus sahabat semacam daus, Wicak, banjar dan Geri. pengen banget nanti s2 mungkin bisa ke Eropa, kan udah belajar tipsnya dari buku ini, hehe. adn ternyata pas saya baca buku ini, hmm kuliah tak semudah yang dibayangkan bahkan ketika kalian adalah anak yang super ponter sekalipun, disini diceritain tentang perjuangan mereka yang sangat hectic saat kuliah, menjadi sahabat perpustakaan, dan tesis yang bisa ditolak dan disuruh ngulang ngulang (lalu saya flashback ke TeSIS sma 8 yang ga seberapa tapi saya udah engenp2an ngerjainnya padahal itu sekelompok, sementara kalo kuliah kaya di cerita ini itu sendirian, makin engep pastinya), tapi bener2 bangga bisa bawa nama Indonesia, dan bisa melihat dunia luar.

ternyata birokrasi di indonesia itu sulit soalnya ngadopsi sistem birokrasi Belanda yang ribet, dan baru tau juga ternyata pas Belanda ngejajah Indonesia sebenernya mereka juga belum merdeka (aneh gak tuh). pelajaran lain yang di dapet, karena di Eropa itu bebas dan bukan negara islam kaya di Indonesia jadi harus teguh imannya banget kalo gamau tergoda untuk macem-macem disana, karena minum beer aja disana udah kaya biasa banget sehari2, terus banyak pestanya, mungkin perlu aji-ajian seperti engkongnya daus, hehe.

highly recommended!

3 komentar:

Hasbi Maulana mengatakan...

langsung di post di blog. haha

berharap bisa baca buku itu juga. kayaknya lumayan ya. lain kali pinjam yak.

sukses deh klo memang mau kuliah di negeri orang, asalkan gak ngelupain negeri asal lo aja put. haha.
klo di peribahasa: "jangan jadi kacang yg lupa sama kulitnya" (cmiiw) hehe

good luck ya.

ps:doain gue juga yg rencananya s2 ke negeri orang juga. haha

Reihan Putri mengatakan...

oh boleh2, entar kalo lo ke jakarta tapi bukunya gaboleh dibawa ke bandung ya, hehehe.

eh disitu juga ada kisah betapa dilematisnya mereka ketika udah lulus, mau kerja disana yang lebih menggiurkan atau balik ke indonesia. bias buat bahan renungan juga, tapi gw tetep cinta Indonesia kok, hehe.

aamin, semoga s2 kita bisa ke negeri orang, maunya ke eropa tapi kalo gw haha.

Anonim mengatakan...

This blog was... how do I say it? Relevant!! Finally I've found something which helped me. Thanks a lot!

my site: gohima.com

Baca Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...