CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Senin, 02 Januari 2012

Counting Days Before My Life Changing Experience

belakangan ini yang lagi hip di kalangan anak2 FH tentu saja SIAK NG dan nilai dan pastinya ip, sejauh ini dari 5/7 mata kuliah yang udah ada nilainya, nilai gw ga ada yang sama satu pun hahaha, terus ya ga bagus2 banget juga, ip nya juga kalo 2 lagi A pun ga bakal nyampe ip cumlaude, belom aja tunggu tahun-tahun depan dan pas lulus mungkin up gw bakal cumlaude *ngarep*. Tapi yah buat gue sendiri, yang selalu gw tanamkan ke gw dari dulu adalah, nilai bukan segalanya, yang penting itu ilmunya, siapa yang setuju tunjuk jari! ilmu bagaimanapun ilmu itu uncountable, ga ada ukurannya, dan terlalu berharga buat dinilai dengan angka atau huruf. Ilmu juga ga sama dengan ip, ilmu itu ada dimana-mana, ga harus di dalam ruang kuliah, ga harus dibuktikan dengan ip bagus, tapi bagaimana kita mengaplikasikan ilmunya di kemudian hari. Sekarang apalah arti nilai-nilai bagus kita selama SD, SMP, SMA, nilai tinggalah nilai, orang juga ga akan inget kita karena nilai kita sekian toh, tapi ilmu beda, ilmu bakal terus kita bawa kemana mana, nilai gabisa kita sedekahin tapi ilmu bisa, dan nilai gabisa menolong kita tapi ilmu bisa. juga gausah sedih kalo ternyata orang yang nanya2 sama lo atau yang lo ajarin malah dapet lebih bagus dari lo, harusnya lo bangga, itu artinya ilmu lo udah mengalir kepada orang lain, udah jadi sesuatu yang berguna dan lo jadi manusia bermanfaat, manusia yang paling mulia adalah yang bermanfaat bagi sesama bukan? apalagi dalam hal ilmu yang bisa senantiasa diturunkan, wah pahalanya ngalir terus tuh. Tapi yah bukan berati jadi ga peduli banget sama nilai juga, kasian kan pasti orang tua lo pengen liat anaknya  nilainya bagus, tapi yah balik lagi, buat apa nilai bagus tapi gabisa dipertanggung jawabkan. Kalo ip lo rendah tapi dalam pengaplikasian ternyata lo jago, orang juga bakal bertanya-tanya, kenapa ip lo bisa segitu doang. Kalo kaya gitu mungkin masih gapapa lah ya, tapi kalo ternyata ip lo bagus tapi gabisa lo pertanggung jawabkan dalam pengaplikasian gimana? jangan sampe aja orang-orang mempertanyakan ini nilai tinggi dapet darimana masa hal semudah itu aja gatau atau gabisa.

okay mari kita move on, sesuai judul, gw akan segera mengalami life changing experience (gitu sih kalo ngikutin tag line nya aiesec). Hari ini gw ke kedutaan India untuk yang ketiga kalinya, jadi yang pertama gue dateng awal desember, katanya berkas gue kurang dan kecepetan kalo mau apply visa buat januari, gw disuruh balik lagi setelah tanggal 29 Desember dan gw akhirnya balik tanggal 30 desember, ternyata si ambassador atau siapalah yang bagian pendidikan itu lagi cuti, jadinya gw disuruh balik lagi hari ini. Akhirnya tadi gw dateng, disuruh nunggu di ruang visitor karena orang yang bersangkutan bernama Mr. Gupta itu lagi rapat, gw bilang sama resepsionisnya kalo visitor's roomnya terlalu dingin, padahal cuaca jakarta hari ini juga lagi dingin banget, akhirnya gw diperbolehkan nunggu di ruang tunggu supir, ada 2 supir kedutaan disitu, terus mereka ngajak ngobrol, ada bapak-bapak yang cerita tentang anaknya yang udah lulus jadi akuntan, terus gw dipesenin kalo nanti jadi ahli hukum jangan mau berurusan ama TNI, mereka mungkin mau ngaku salah tapi bisa-bisa abis megang kasusnya (dan menjatuhkan hukuman) gue ilang, mungkin karena itulah ya pengadilan militer itu hakimnya harus anggota militer yang pangkatnya lebih tinggi atau sederajat. Lanjut akhirnya meetingnya kelar, gw dianterin sama Mbak Andhini ke ruangannya Mr. Gupta, terus dia nanya-nanya gitu gue mau ngapain, tapi dia gatau AIESEC itu apa jadinya gue nungguin dia googling dulu, baca-baca di wikipedia, terus nanya-nanya lagi, terus dia menuliskan sesuatu di berkas gue dan gue disuruh ke bagian apply visa. Terus gw apply visanya, bayar dan pulang, besok udah jadi visanya, lusa tinggal berangkat.

Perjalanan gue buat dapetin project di aiesec ini tidakah semudah membalikkan tangan, panjang bok, setelah melalui tahapan seleksi berupa berkas, focus group discussion dan interview akhirnya gw dan banyak anak UI lainnya lulus untuk mengikuti program GCDPnya aiesec. Terus pertamanya gw maunya ke Eropa, akhirnya wawancaralah gw sama pihak Hungary, setelah lamaaaa banget ga ada kabar, kata EP manager gue suruh ganti project aja, terus gw wawancaralah sama Ukraina, abis itu ternyata nyokap gue ga ngebolehin ke Eropa karena winter, jadi takut gue beku (yah AC ruang tunggu kedutaan aja udah ga kuat) akhirnya disuruhlah gue ke India. Awalnya gue mau project animal welfare di Hyderabad, katanya kota paling waras di India. Ternyata projectnya udah penuh, terus gue ditawarin antara project di Chennai atau di Gujarat. Pas gw cek-cek tiket pesawat ternyata harga ke Gujarat itu 2x lipatnya Chennai, dan Chennai kayaknya juga lebih famailiar akhirnya gue milih yang di Chennai. Ternyata oh ternyata projectnya itukan ngajar, tapi yang gue ajar anak-anak HIV AIDS gitu terus gabolehlah sama nyokap, padahal udah beli tiket pesawat segala macem, akhirnya gw pasrah, gw pikir gw ga bakal jadi berangkat, nyokap sampe dateng ke kantor aiesecnya buat ngusahain biar project gw diganti atau dipindah ke summer, terus yaudah deh, pasrah lagi, tapi gw masih berusaha ngehubungin aiesec chennai buat ganti project (berarti ga pasrah-pasrah banget), semoga project gw bisa d switch, setelah berhari-hari tak ada balasan, akhirnya secercah harapan muncil, ternyata ada 2 project lain di Chennai pada tanggal yang gue mau, akhirnya tiket pesawat dan kontrak gw batal angus *sujud syukur*.

Visa gw ngurus sendiri, tiket pesawat juga, yang lain gw tanya katanya pada ngurus lewat agen, yah sayang aja padahal pengalamannya mayan loh ngurus visa sendiri, walaupun agak rebek juga haha. tapi pengalaman guru paling berharga kan? hehehe. Terus pada heran gitu gue bisa dapet pesawat murah, haha, mari saya kasih tau triknya, jadi gue memilih berangkat lewat KL karena itu harga tiketnya setengah kalinya berangkat langsung dari Indonesia. Travel insurance juga udah apply, segala pernak-pernik oleh-oleh, tas, baju, sampe rendang, abon, teri kacang, kentang kering  juga udah disiapin *ini nyokap mau nyuruh gw bikin kondangan apa di India*, terus yah pokoknya udah siap lahir batin insya Allah, denger cerita-cerita dari yang udah pergi tuh makin bikin ga sabar, pengalaman apa yang bakal gw dapet disana. Walaupun karena gw pergi ini gw akan melewatkan banyak kongkow-kongkow sama temen-temen SMA, tapi insya Allah worth it lah ya. wish me luck people!

Sekarang rasanya deg-degan, belom pernah sekalipun pergi jauh tanpa keluarga atau tanpa orang yang dikenal, paling pernah pergi tanpa keluarga tapi sama temen atau sama sekolah, ini pertama kalinya banget bakal pergi sendiri, tanpa orang tua, tanpa seorangpun yang gw kenal, tinggal lama di negara orang, kenalan sama orang-orang baru and give impact to the society, wuih excited berat sih. oh iya, karena gw disana juga akan berperan sebagai ambassador alias representasi dari Indonesia kepada peserta-peserta dari negara lainnya, maka doakan saya supaya mereka bisa jadi tertarik sama Indonesia, hehehe. Yeah, can't wait for my life changing experience!


0 komentar:

Baca Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...