CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 04 Oktober 2011

Analogi Negara dan Cinta

salah satu mata kuliah yang gw pelajari di FH semester pertama ini adalah ilmu negara, setali tiga uang dengan PIH dan PHI matkul IN ini begitu abstraknya.
coba deh kalo ditanya apa itu gajah sama anak kecil yang belom tau, kita bisa kasih deskripsinya sampe pergi ke kebun binatang buat ngeliat wujud aslinya gajah.
tapi kalo ditanya apa itu negara? hayolo mau jawab apa, hahaha.

akhirnya dosen gw pun bertanya "kamu sudah punya pacar?" ke beberapa orang dan sebagian yang menjawab ya ditanya lagi "pacaran sama si dia bukan sama orang lain?", sebagian gatau harus jawab apa. lalu pertanyaan dilanjutkan "mau gak pacaran selamanya?", pasti manya nikah dong, dan pas pacaran mungkin kita gamau disuruh ini itu, tapi pas nikah pasti mau gamau harus mau kan, nah akhirnya dicapai suatu konklusi bahwa itu semua karena rasa sayang, suka, cinta yang dimiliki para pasangan.

siapa sih yang bisa mendeskripsikan perasaan cinta, tapi karena perasaan cinta yang ga ada wujudnya dan sulit bahkan mungkin gabisa dideskripsikan itu ada bukti konkretnya, seperti ketika kita mau berkorban untuk pasangan kita atau orang yang kita cintai maka begitupula dengan negara, emang gatau harus gimana deskripsiinnya tapi bukti konkretnya ada, contohnya ya gedung kampus yang saat itu kita pake, itukan buatan negara, dan masih bahyak lagi bukti-bukti konkret lainnya yang bisa kita rasakan dari kehadiran cinta eh negara.

just want to share this siapa tau IN gw dapet A haha *aamin* soalnya seru aja sih bapaknya jawab pertanyaan super abstrak seperti "apa itu negara?" dan dianalogikan sama cinta, sempet bikin muka anak-anak sekelas jadi warna-warni pula karena pertanyaannya. hehehe.

udah ya mau balik ngerjain tugas daaaah

oh iya pesan sponsor alias kata-kata dosen yang dikutip dari *lupa* "jangan tanyakan apa yang bisa negara lakukan untukmu tapi tanyakan apa yang bisa kamu lakukan untuk negara"

3 komentar:

Canty Gracella Lamandasa's blog mengatakan...

awalnya, analoginya ga kebayang ka, antara cinta dan negara. tapi, dosen kaka bagus cara penyampaiannya soalnya anak remajanya teh punya dunia sendiri jadi beliau mencoba memahami dunia remaja dan di selingi dengan pelajaran yg akan di kerjakan.

semoga sukses selalu ka! lama tak berkunjung di sini ;) oh iya, aku suka pesan moralnya.

Ainun mengatakan...

dikutip dari jfk putttt

Reihan Putri mengatakan...

@Canty: Waah dikunjungi lagi sama2 sukses juga ya kelas XIInya! Semangat!

@Ainun: oiye ane lupe bu wkwk

Baca Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...