CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 04 Agustus 2011

Dauroh Pra Kampus

Tanggal 25-26 Juli yang lalu ikatan alumni rohis 8 yang lebih dikenal dengan YAI (yayasan Al-Irfan) mengadakan dauroh untuk rohis 45 alias angkatan 2011 yang akan segera memasuki kehidupan kampus, dan voila jadilah dauroh pra kampus.

Pertama kali dapet jartelnya dari Gina dan Kak Nana katanya DPK ini materi2nya
1. Sharing tentang dinamika kehidupan kampus dari alumni
2. Belajar merancang life mapping yang baik setelah lulus
3. Pengenalan YAI 8
4. Refresh materi tentang urgensi tarbiyah
5. Jalan2
6. Tuker kado

Langsung tertariklah buat ikutan, lagian. Iasanya juga cuma mager2 aja di rumah dan ini ditawarin kegiatan yang super menarik, langsung setuju.

Perjalanan dimulai dari stasiun UI tempat janjian awal ketemuan, alhamdulillah jam stg 11 janjian jam 11 kurang dikit udah kumpul akhwatnya. Tempat daurohnya sendiri ada di kutek (kukusan teknik) jadi kita naik bikun merah buat sampe ke teknik, nah di tengah jalan Fatimah nelpon bang Yoi terus katanya kumpulnya di MUI (Mesjid UI) Sementara bikunnya udah lewat MUI jadilah kita muterin UI 1 keliling pas udah keluar d asrama sama supirnya disuruh turun karena udah pemberhentian terakhir, abis itu kita foto2 dan naik ke bikun biru yang warnanya putih (?) ternyata itu bikun pengganti buat sehari doang bahkan tulisannya aja aerowisata buat atlet anggar. Nah supir bikun yg ini baik bgt sampe mau berhenti di tengah jalan cuma karena akhwat2 pada narsis foto2. Banyak orang yang bingung juga karena bikunnya putih, hehe. Terus bikun yg biasa kan pintunya otomatis nah yg ini manual jadi pad ga familiar juga sampe2 April jadi penjaga pintu.

Di MUI kita solat abis itu ketemu ama ikhwannya yang ternyata cuma 2 orang Emir dan Rendra. Terus lanjut ke kutek, yang akhwat jalan duluan dan mampir buat makan dulu yg jadinya malah ketinggalan ama ikhwannya, ternyata tempatnya jauh bok.

Nah ini dia intinya, langsung masuk materi karena emang jam Indonesia banget alias ngaret.

Materi pertama disampaikan oleh bang Andreas Senjaya, CVnya beuuuh mantep banget, bang Jay ini fasilkom UI 2007, pernah jadi apa gt d asrama di fuki juga terus mapres utama fasilkom UI 2010, mapres 2 UI 2011, terus aktif juga di MWA. Materinya tentang yang life mapping, sayangnya gw lupa bawa notes karena pagi berangkat buru2, jd seingetnya aja ya, pokoknya life mapping itu kita tentuin dulu rencana kita yang paling ujung, atau pencapaian tertinggi kita mau jadi apa, contohnya bang Jay dia mau jadi menkominfo, nah menkominfo ditaro di paling ujung, supaya bisa jadi menkominfo gimana? Baru deh ditarikharus masuk ke dunia politik, sebelomnya buka bisnis, sebelom ha lagi S3 dan S2 di luar negeri, ambil bidangnya apa. Kaya gitu contohnya, jangan lupa sertain tahun2nya jadi hidup kita bisa lebih terarah yaitu mengarah ke tujuan yang kita mau dan ga melenceng2, plus tahun2 itu ngebuat kita tau speed yang harus dipakai tenaga yang harus dikeluarkan biar waktu kita juga efisien. Kalo ada jalan yang ga sesuai rencana, inget aja banyak jalan menuju Roma.

Kata bang Jay kita masuk kampus ibarat di lepas ke langit, terserah kita nantinya mau milih jalan kita sebagai apa, sebagai burung pipit kah? Yang lemah tapi idupnya adem ayem dan ga menonjol diantara penghuni langit, atau jadi elang kah? Yang merajai langit tapi jalannya ga gampang, yah itu terserah kita. Yang jelas fokus adalah kunci utamanya untuk sukses, dan pastikan dimana kita berada kita harus istiqomah dan memiliki integritas.

Bagaimana kalau tujuan kita ga disetujui orang tua? Atau pilihan kita dipandang rendah? Yah kalo masalah ortu berhubung kita gabisa apa2 juga kalo ga ada restu orang tua ya ga ada restu Allah juga kan, jadi yah bicarakan, ortu pasti mau kita dapet yg terbaik jugakan gamungkin ortu berharap anaknya dapet hal buruk, jadi ketika kita ga sejalan ya kita harus bicara, membuat ortu yakin dan percaya dengan pilihan kita, beri contoh juga misalnya orang yang berhasil dalam jurusan itu. Kalo kata orang, yah kata orang mah beda2, gabakal mungkin bisa muasin seluruh orang karena pikiran semua orang berbeda, karena kita yang akan jalanin yah terserah kita mau pilih apa biarin aja kata orang, yang penting kita bertanggung jawab sama pilihan kita dan buktikan apa kata orang yang buruk2 itu belum tentu benar.

Pernah merasa sudah berjuang keras, berdoa gak putustapi kok ga dikasih juga apa yang kita mau? Yakinlah rencana Allah yang terbaik, dan Allah pasti mengabulkan doa hambaNya saja kalau tidak sekarang mungkin nanti, atau malah mungkin di akherat kelak, jadi tetep berprasangka positif kepada Allah.

Materi selanjutnya disampaikan oleh bang Akhyar, kalo yang ini tentang kehidupan kampus sih, dan lebih banyak ke UI karena bang Akhyar almamaternya UI jadi banyak narsis2 nya gitu deh tentang UI.

Pertama banget kita ditanya bener ga sih kuliah itu ga hanya sekedar belajar?
Jawabannya ya tergantung individu masing2, ada tipe mahasiswa yang kuliah-pulang, ada yang aktif segala macem organisasi dan kegiatan2, semuanya tergantung pilihan masing2 orang juga, yang jelas di kampus kita akan menemukan berbagai macam orang, berbagai macam karakter, daru Sabang sampe Merauke.

Yang ditekankan adalah posisi kita sebagai mahasiswa, pintar2 lah dalam memilih teman bergaul, dan berpikirlah dengan pola pikir mahasiswa, yang selalu punya jawaban untuk pertanyaan kenapa kenapa kenapa. Jadi ketika kita berpendapat atau memiliki kepercayaan atas sesuatu kita
harus tau sampe seluk beluknya, kita harus bisa jawab ketika kita ditanya kenapa, jangan sampai pemikiran kita cetek apalagi gampang diombang ambingkan orang, jadi kita harus punya idealisme sendiri, jangan sampe ketika kita mengatakan orang lain salah dan menganggap kita benar kita gatau alasannya dan malah yang kita bilang salah bisa menjelaskan tentang pemahamannya tersebut. Nah karena di univ banyak macem orang, kita selain harus pandai memilih teman juga harus menjalin koneksi sebanyak2nya karena koneksi inilah yang akan membantu kita selepas kuliah nanti.

Terus bang Akhyar bilang juga aneh kenapa semua orang mau jadi dokter haha, kalo alasannya mau kaya sih kayaknya engga tuh kalo mau kaya katanya sekarang jadi SH aja ngomong dikit dibayar banyak :p *aamiin*
terus kita juga ditanyain abis lulus mau apa.

Selesai deh materinya, abis solat maghrib, makan malam terus pulang. Yang lainnya sih ada yang nginep atau dateng lagi besoknya jalan2 ke Kebun Raya Bogor. sayangnya gw gabisa ikut :(
Tapi Demi apapun ga nyesel malah bersyukur banget deh ikutan DPK walaupun ga full tapi dapetin materi yang berharga banget, alhamdulillah :)

Semoga sukses semua kuliahnya mahasiswa baru, bismillahirrahmanirrahiim, mari mengarungi langit luas dan memilih jalan hidup kita, tetap istiqomah di jalan Allah ya, aamiin.

0 komentar:

Baca Juga

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...